Rencana Untuk Membangun Otak Yang Lebih Baik




Langka 1 : jagalah semua jalur terbuka


Untuk menghindari ambruknya tiang listrik(otak)-kecelakaan yang menjadi penyebab stroke- minumlah dua aspirin untuk anda setiap hari jika anda berusia diatas 40 tahun. Karena aspirin talah terbukti dapat mencegah arteri anda mengalami peradangan dan mencegah darah anda agar tidak menggumpal. Juga membantu darah dan oksigen mengalir ke otak. Aspirin dapat juga membantu utbuh untuk membangun lebih banyak pembuluh darah, sehingga jika terbentuk gumpalan, ada rute alternative yang dapat dialiri darah dan menghindari pembuluh yang tersumbat itu.


Langkah 2 : latihlah otak anda


Tidak masalah bagian tubuh yagn mana yang sedang kita bicarakan, hamper semuanya mengikuti mantra yang sama: Digunakan atau Hilang. Jika anda tidak menggunakan otot-otot anda, Otot-otot itu akan berubah menjadi kentang tumbuk. Jika anda tidak melatih janutng anda, arteri anda akan menjadi lebih tersumbat ketimbang saluran buangan kamar mandi. Dan, bahkan paea urolog member saran yang sama kepada kaum pria dalam kaitan dengan potensi ereksi: jika ingin tetap menulis sebaiknya anda menajamkan pensil. Tidak berbeda dengan otak anda: sesungguhnya anda harus melatih otak anda dengan keteraturan yang sama seperti anda melakukan latihan lainnya. Mengapa otak anda tetap aktif secara emosional dan mental akan membantu mencegah hilangnya daya ingat.


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghindari hidup dengan menjalankan auto pilot-yaitu melakukan rutinitas yang sama dari hari kehari. Jika anda dapat menemukan cara-cara peregangan mental. Anda benar-benar akan menghindari penyusutan otak. Cara klasik untuk melakukannya adalah dengan mempelajari sesuatu yang baru-apaka itu belajar bahasa Spayol. Memainkan lagu-lagu Sousa dengan harmonica. Atau membangun kembali mesin mobil. Yang penting adalah menggunakan bagian-bagian otak anda yang secara normal tidak anda gunakan. Seperti halnya otot. Otak anda berkembang ketika dia bekerja diluar rutinitas normalnya.


Cara lain untuk membangun otak anda adalah dengan apa yang dikatakan oleh para peneliti sebagai “menguji ambang batas anda”. Sebuah proyek berskala besar dilakukan untuk mengetahui apakah pengetesan ambang batas anda mampu untuk membalikan dan menjadi penyebab pertumbuhan neuron-neuron dan dendrite-dendrit baru (bagian dari neuron yang menangkap informasi dari neuro transmitter). Dalam proyrk ini, beberapa computer deprogram sehingga computer pada prinsipnya memahami kemampuan subjek dalam matematika, dan kemudian computer itu menprogram sebuah tes untuk subjek yang berkaitan yang tetap sejalan dengan kemampuan orang tersebut. Begitu computer mendorong batas kemampuan tiap individu-menguji mereka sampai diambang batas mereka-para peneliti dapat melihat pertumbuhan neuron dan dendrite-dendrit (seperti yang ditunjukkan dalan scan citra yang diambil dari otak manusia). Tetapi, bagian yang terbaik adalah orang itu tidak perlu mendapatkan jawaban-jawaban yang benar agar dapat meraup manfaat. Hanya dengan menguji diri sendiri sedikit diluar kemampuan mereka saja (80 persen jawaban benar dan 20 persen jawaban salah) sudah cukup untuk mendorong pertumbuhan kembali.


Jadi untuk anda, anggaplah anda selalu dapat mengerjakan teka-teki silang pada hari rabu. Tetapi anda hanya bisa menjawab separu saja pada hari minggu. Jadi, sementara yang terbaik bagi ego anda adalah dengan mengerjakan teka-teki pada hari rabu. Yang terbaik bagi anda adalah dengan melanjutkan untuk mencoba teka-teki hari minggu (sepanjang tidak membuat anda terlal frustasi sehingga tidak ada kesenangan lagi dalam mengerjakannya). Seperti seorang atlet yang menjadi lebih cepat atau lebih kuat dengan berlatih untuk mencapai tujuan yang sedikit diluar jangkauannya. Anda dapat melatih otak anda untuk menjadi lebih cerdas dan lebih tajam.


Unsure tambahannya, tentu saja adalah pendidikan. Semakin banyak anda tahu, semakin banyak anda melakukan peregangan kapasitas belajar otak anda. Sebuah kajian mengenai para biarawati disebuah biara adalah sebuah contoh yang baik. Para peneliti menganalisis struktur kalimat dari karangan yang ditulis para biarawati sebelum memasuki biara, kemudian mempelajari fungsi kognitif mereka sekitar enam puluh lima tahun kemudian. Mereka yang menggunakan struktu kalimat yang paling kompleksketika memasuki biara memiliki fungsi kognitif tertinggi saat mereka bertambah tua. (inilah temuan penelitian lainnya: mereka yang paling optimis ketika memasuki biara adalah mereka yang memiliki fungsi kognitif yang lebih tinggi).


Intinya: semua orang memiliki minat yang begitu berbeda sehingga andalah satu-satunya orang yang dapat memilih aktifitas yang akan member peregangan otak anda diluar kemampuan luarnya. Anda harue memilh sesuatu yang anda sukai; itu harus terasa seperti tempat istirahat, bukan aula belajar. Tetapi, kami juga dapat menawarkan saran lainnnya sebagai cara untuk meningkatkan fungsi otak anda dalam kehidupa sehari-hari. Di tempat kerja banyak orang mengikuti rutinitas sehari-hari yang sama: minum kopi, duduk, memeriksa eBay, minum kopi lagi, membalas e-mail, istirahat sejenak di kamar mandi, melakukan pekerjaan tulis-menulis, menghubungi klien, mencari makan untuk makan siang, diteriaki atasan, dan sebagainya. Tentu saja, hanya atasan anda yang dapay mengatakan pada anda bagaimana cara melakukan pekerjaan anda. Tetapi kami ingin menyarankan agar anda sesekali mengubah rutinitas itu. Mengikuti rutinitas yang sama setiap hari tidak akan merangsang hipokampus anda-bagian dari otak yang paling bertanggung jawab terhadap daya ingat. Untuk menjaga agar pikiran tetap aktif, biasakan untuk mengubah rutinitas anda di tempat kerja atau di rumah. Mulailah hari anda dengan menghubungi klien, atau menulis laporan terlebih dahulu, bukannya nanti. Apapun rutinitas normal anda. Ubahlah urutannya.


Inilah satu dari empat cara faforit kami untuk member peregangan pada otak anda: liburan sangat bagus untuk stress dan kehidupan sexsual anda. Dan liburan juga membantu meningkatkan keterampilan kognitif anda. Bagaimana caranya? Gunakan peta. Ketika anda sedang mengendarai mobil. Berjalan, atau mempelajari system bawah tanah disuatu kota yang baru, anda sedang menggunakan bagian-bagian yang berbeda dari otak anda dalam satu waktu. Anda menggunakan keterampilan visual-spasial untuk membaca peta, dan kemudian anda harus menerjemahkan kedalan kode lisan kepada siapapun yang sedang mengemudi(saying, belok kiri sekarang). Ketika anda sedang mengemudi, anda perlu membuat keputusan-keputusan yang cepat mengenai arah yang anda tuju, yang melibatkan pemprosessan informasi secara cepat. Dan kemudian, anda menyimpan informasi-informasi itu kedalam ingatan jangka panjang uantuk mengingat tempat mana saja yang baru saja anda kunjungi. Jenis pelatihan itu dapat memenuhi tujan yang berbeda-beda. Bagi orang yang berlibur, mengambil belokan yang salah mungkin akan membawa anda kepada took barang antic yang melum anda ketahiu sebelumnya; tetapi bagi seorang tentara dalam sebuah pertempuran mengambil belokan yang salah dapat berakibat fatal.


Sebenarnya, semuanya menuju nasihat yang sama; tetap belajar. Nasihat itu bahkan membantu anda jika berada dalam sebuah system resmi. Orang yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan mereka yang terus terlibat dalam aktivitas yang merangsang pikiran akan lebih sedikit kemungkinannya mengalami penuaan mental. Seorang lulusan perguruan tinggi yang masih belajar dilingkungan pendidikan formal akan menjadi lebih muda 2,5 tahun disbanding jebolan sekolah menengah. Tetapi aktifitas informal juga membantu .menjaga pikiran anda tetap aktif akan menghambat kerusakan arteri, kerusakan kekebalan tubuh, dan bahkan mencegah kecelakaan, serta memberi manfaat RealAge yang dapat membuah anda 1,3 tahun lebih muda.


Langkah 3: Beberapa Makanan Untuk Pikiran


Umumnya, apa yang membahayakan jantung, juga membahayakan otak anda. Jangan salah-sementara kulit kentang goreng bias membuat badan anda bengkak, ada yang tersangkut pada arteri ke otak anda. Lemak jenuh misalnya. Menyumbat arteri yang menuju otak anda, menempatkan anda pada resiko stroke yang lebih besar. Sementara asam lemak omega 3- yang terdapat dalam ikan-bisa membantu otak anda kerena mereka menjaga arteri anda tetap bersih. Mereka juga mengubah neuro-transmiter anda dan mengurangi depresi.
Share on Google Plus

About hakim punya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Post a Comment