Contoh-Contoh Membuka Pidato Yang Menarik


Suatu saat mungkin kita akan mendapat kesempatan untuk berpidato, atau setidaknya mengisi kultum atau sambutan di dalam sebuah acara. Jika kita bukanlah orang yang sudah terbiasa berdiri berbicara di depan umum, pasti akan kikuk jika menghadapi keadaan seperti ini.

Pembukaan Dengan Syukur
Yang terhormat Bapak/Ibu yang hadir pada acara ini. Pertama-tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa kerena dengan rahmat-Nya kita masih dipertemukan diruangan ini dalam keadaan sehat tanpa suatu kekurangan apapun.

Pembukaan Dengan Humor
Ingatkah dalam film Titanic, ketika menyadari bahwa kapal itu akan tenggelam, mereka mengirim pesan kepanikan itu, dan tek seorang pun menerima pesan itu untuk waktu lama. Yah, ternyata mereka mengirimkan pesan itu melalui Lotus notes (atau pembayaran medicare, atau kotak surat, atau apa pun).

Pembukaan Dengan Perkenalan

Perkenalkan, nama saya Edgar. Saya lahir di Kebumen tahun 1992 pada hari kamis bulan desember diminggu terakhir. Saya sekolah dasar disana namun selanjutnya pindah ke Palembang sampai saya sekolah lulus sekolah menengan atas. Hobi saya memancing, sehingga saya juga dipanggil master fishing. Hari ini saya akan membahas,

Pembukaan Dengan Memberikan Gambaran Umum
Pada daerah yang kita lakukan penelitian terjadi banyak sekali praktek kawin kontrak. Praktek ini berlangsung sudah selama beberapa tahhun terakhir. Pembahasan kita kali ini adalah mengungkap bagaiama latarbelakang terjadinya kawin kontrak pada daerah penelitian kita.
maka dari itu, kita dituntut untuk mampu berpidato, mengisi sambutan atau mengisi kultum romadhon secara langsung. Karena kita belum terbiasa berbicara di depan umum, salah satu ketakutan yang kita rasakan adalah jika apa yang kita bicarakan di depan podium tidak dianggap menarik karena pembukaan pidato yang tidak berkesan.
ada beberapa macam bentuk pembukaan pidato, sebagai berikut:

Pembukaan Dengan Menggambarkan Yang Sesuai Dengan Kondisi Acara
Beberapa hari ini cuaca begitu panas, sehingga saya sering merasa gerah. Namun bisa kita rasakan saat ini, kita berada pada tempat yang terbaik untuk melakukan pembahasan tentang topic kita kali ini. Saya sangat senang bertemu anda sekalian, saya adalah salah satu lulusan universitas yang sekarang kalian gunakan untuk belajar. Ruangan ini adalah ruangan yang dulu sering saya kunjungi

Pembukaan Yang Membangkitkan Rasa Ingin Tahu
Hari itu saya diajak oleh salah satu rekan kerja saya untuk bertemu dengan rekan bisnisnya. Saya menemui rakan bisnis rekan kerja saya dirumahnya. Dia adalah seorang yang cacat namun memiliki kesuksesan yang luar biasa dalam bisnisnya.
Share on Google Plus

About CeritakanSaja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: