FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI 2


Otak kiri dan otak kanan walaupun ada kecenderungan bekerja bersama-sama namun mereka memiliki spesialisasi tugas yang berbeda.


Otak kiri berkaitan dengan bahasa, menulis, membaca, asimilasi[1] detail, dan memahami simbol. Kebanyakan dari masyarakat dunia dan system sekolah lebih mendukung kegiatan untuk otak kiri.


Bagian kanan pada otak adalah bagian yang berbeda, bagian ini berkaitan dengan sifat yang tak beraturan, intuitif[2], holistic[3], dan acak. Bagian ini juga berkaitan dengan elemen non-verbal seperti perasaan, emosi, kesadaran spasial[4], bentuk, pola, musik, dan seni.


otak kanan dan otak kiri mempunyai fungsi masing-masing[1] Penyesuaian (peleburan) sifat asli yg dimiliki dng sifat lingkungan sekitar(KBBI)


[2] Kemampuan untuk mengetahui secara langsung tanpa penalaran (Widyarini Nilam, ­Kunci Pengembangan Diri, Jakarta, Elex Media Koputindo, 2006,hal 114


[3] Kemampuan untuk menangkap seluruh konteks yang mengaitkan seluruh antarunsur yang terlibat. (Chodjim achmad, ANNAS Segarkan Jiwa dengan Surah Manusia, Jakarta, PT Serambi Ilmu Semesta, 2004, hal 309.)


[4] orientasi tubuh terhadap objek lain di dalam suatu ruang dan hubungan objek-objek tersebut satu sama lain.(Kayvan Ummi, 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak, Jakarta, PT TransMedia, 2009, hal 1.)
Share on Google Plus

About hakim punya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.