KONFLIK DAN KEPEMIMPINAN


Konflik dan kepemimpinan

Konflik menurut Adam Ibrahim Indrawijaya adalah bentuk pertikaian yang terjadi  dalam organisasi, baik antara seorang dengan orang lain, antara seorang dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan organisasi atau mungkin pula antara perseorangan dengan organisasi secara menyeluruh.
Ada tiga bentuk konflik, yaitu:

Pertama konflik dalam kelompok, konflik dalam kelompok terjadi antara dua atau lebih anggota kelompok yang mencakup kelompok dalam arti umum, atau satu kesatuan unit organisasi.
Kedua, konflik antar organisasi. Konflik antar organisasi terjadi tergantung pada lingkungan sekitarnya. Konflik dapat di pengaruhi politik, ekonomi dan sosial budaya, pengaruh kehidupan organisasi atau perbedaan fasilitas antar pegawai yang setingkat. Di beberapa instasi konflik semacam ini penyelesaiannya harus dilakukan melalui pihak ketiga, apakah instasi yang lebih tinggi atau melalui pengadilan.
Ketiga, konflik antar kelompok, konflik antar kelompok terjadi antara kelompok satu dengan kelompok lainnya, konflik ini sering terjadi dalam organisasi.
Peranan kepemimpinan terhadap konflik

Peranan kepemimpinan menurut Hicks dan Gullet adalah menciptakan rasa aman (providing security). Dalam kaitannya dengan konflik, setiap pemimpin harus menempatkan dirinya untuk bertanggungjawab dalam penyelesaian konflik tersebut. Pemimpin harus menciptakan rasa aman bagi seluruh bawahannya. Kewajiban pemimpin adalah menyelesaikan konflik yang dapat diterima oleh mereka yang terlibat konflik.
Perilaku pemimpin terhadap konflik: dengan tekanan, dengan cara halus, menghindarkan tanggung jawab dari konflik yang timbul, dengan kompromi dan yang terkhir dengan cara konfrontasi. Yang paling efektik dalam menyelesaikan konflik adalah dengan konfrontasi atau saling menghadapkan pihak-pihak yang bertentangan satu sama lain.

Share on Google Plus

About hakim punya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.