Bagaimana cara meminum kopi yang baik dan benar agar bisa terhindar dampak negatifnya

Banyak rumor beredar didaratan, bahwa minum kopi bisa berdampak pada sakit jantung, darah tinggi, bahkan kematian (yang terakhir bercanda). Bahkan orang tua dikampung halamanku, melarang terlalu sering meminum kopi. What? Kenapa mereka melarang minuman super nikmat seperti kopi ini? Apa yang salah dengan dirinya sehingga aku harus menahan nafsu kepada segelas kopi? Itulah pertanyaan yang sering aku tanyakan pada diriku sendiri (ngelamun sebenernya). Tapi apa benar sih, terlalu banyak minum kopi bisa berdampak pada tekanan darah naik dan resiko penyakit jantung?

Nah, kali ini Dingklikkelas akan membicarakan mengenai manfaat kopi bagi kesehatan. Pasti kopi memiliki manfaat, tidak terkecuali. Masalahnya, setelah dingklikkelas mengarungi lautan internet yang penuh palung, dingklikkelas menemukan fenomena minum kopi di dunia barat. Orang barat (Eropa Amerika) memiliki kebiasaan meminum kopi ketika mereka akan bekerja atau istirahat bekerja. Jadi apa yang salah dengan kebiasaan minum kopi di Indonesia?

Setelah dingklikkelas melakukan sedikit penelitian, atau bisa disebut miniriset pada beberapa warung makan dan angkringan di kotaku. Ada sebuah fenomena yang unik, ternyata menurut om-om penjual di warung dan angkringan, sebagian besar orang minum kopi pada waktu sudah petang sampai tengah malam. Pada jam-jam itu kopi begitu laris di beli oleh para pembeli. Itulah dikotaku, bagaimana dikotamu?

Setelah melakukan sedikit miniriset tersebut, dingklikkelas memperoleh kesimpulan pribadi. Bahwa rumor kopi bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung itu memang benar!!! Kenapa? Kenapa bisa benar. Karena, cara meminum kopi orang Indonesia yang salah. Seharusnya kopi diminum ketika pagi atau sing hari, fungsinya untuk menambah semangat kita bekerja, jadi kandungan kofein yang memacu jantung lebih cepat tidak percuma, karena kita bekerja, seperti orang bule barat itu tadi. Tetapi berbeda dengan kita, kita lebih sering meminum kopi ketika hari sudah petang, ketika kita seharusnya berangkat untuk istirahat. Ketika itu, kandungan kofein yang memacu jantung tidak digunakan seperti yang seharusnya, karena kita tidak melakukan kegiatan yang berat (karena sudah waktu istirahat). Kebanyakan anak muda ngopi itu karena ingin begadang, betul tidak!!

Oke, jadi seperti itu hasil mini riset dari Dingklikkelas. Minumlah kopi di waktu kita akan beraktivitas. Baiknya, kopi dinikmati pada jam-jam 9 pagi. Dimana kita sedang istirahat pertama pada pekerjaan kita. Untuk takaran kopinya, usahakan dalam satu hari kita meminum kopi cukup satu atau dua cangkir (1-2 cangkir). Itu adalah takaran perhari yang pas.

Oke sekarang kita akan membahas apa saja manfaat bagi kesehatan yang bisa diberikan oleh kopi.

Mencegah penyakit jantung.

Hal ini tergantung cara kita mengkonsumsinya, kalau minumnya tiap malam hari dan bukan pada siang hari seperti yang diatas dianjurkan, bisa meningkatkan serangan penyakit jantung… nah loh.

Mencegah penyakit stroke.

Penelitian orang-orang barat, menyatakan bahwa resiko terkena kanker lebih rendah 18% nan pada wanita berumur 24 tahunan. (yang jadi masalah di Indonesia mengidap penyakit stroke kebanyakan laki-laki? Terus pripun nek ngeten?) sementara belum bisa menjawab. he

Bisa untuk diet.

Ketika suatu hari saya terkena masalah berat badan. Saya melihat tayangan televise bahwa kopi sangat baik untuk membakar lemak ketika diminum sebelum jogging pagi. Dan hasilnya sekarang saya terlalu kurus… hehe. Tapi ini serius beneran ampuh.

Pembangkit stamina dan memberi energy ekstra.

Kandungan kofein didalam kopi, tidak dipungkiri dapat membuat detak jantung kita meningkat pesat dengan di ikuti stamina yang bertumbuh.

Bisa merubah suasana hati dan mengurangi depresi.

Minum kopi secara teratur, dengan cara yang baik dan benar dan sesuai porsi yang wajar, mampu memaksimalkan kerja otak menjadi lebih baik. Selain itu, kopi menjadi teman yang pas ketika kita sedang kumpul bersama teman, sehingga perbincangan semakin berkembang dan suasana hati dan depresi menjadi hilang.

Mungkin sekian yang bisa dingklikkelas bagikan, semoga kalian semua bisa mengambil manfaat dari hal yang serius saja. Yang bercanda-bercanda jangan di ambil hati ya.
Share on Google Plus

About hakim punya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Post a Comment