Tips Mengurangi Kecemasan Saat Akan Presentasi

Siapa orang yang tidak pernah merasa cemas? ada? ada sih, namanya orang gila. Ngomong-ngomong soal cemas, salah satu moment yang paling menjengkelkan ketika cemas itu datang adalah ketika kita akan melakukan presentasi. Biasanya, saking cemasnya muka kita sampai berkeringat panas (keringat dingin sudah mainstrem Sob). Bukan hanya panas, keringat kita mengalir deras dan membasahi dada kita. Singkat cerita, karena keringat yang panas, deras, dan menggumpal sebesar biji jagung, presentasi kita berantakan. IPK turun. Gadis pujaan, melayang. Semoga deskripsi ceritanya tidak seburuk itu.
Oke, untuk mengurangi rasa cemas, saya akan menawarkan beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan sebelum presentasi agar kecemasan kalian berkurang. Beberapa hal yang bisa mengurangi kecemasan kita saat akan presentasi adalah sebagai berikut:
 
1. Buat Sebuah Keyakinan

Cemas itu karena tidak yakin pada diri sendiri. Ketika kita akan melangkah menuju presentasi kita, jangan anda meningalkan keyakinan anda di dalam rumah. Melangkahlah dengan penuh keyakinan bahwa presentasi ini akan berhasil. Yakinlah pada saat anda presentasi, karena keyakinan dan antusiasme secara kejiwaan akan melatih kelancaran presentai anda.
Yakin itu perkara wajib, pertama yakin kan dulu diri sendiri kalau presentasi pasti berhasil. Kedua, yakinkan teman-teman kalian yang akan menjadi pendengar presentasi, yakinkan kalau mau tanya jangan yang susah-susah (bercanda Sob).

2. Persiapan Yang Matang

Lakukanlah latihan kecil dirumah anda, lihat wajah anda saat berbicara didepan kaca. Atau mungkin berlatihlah dengan istri atau teman akrab anda, biarkan dia memberi kritik pada anda (ini bagi yang udah punya istri atau suami). 
Latihan sangat penting dan akan meningkatkan keyakinan anda di saat presentasi. Hal ini bisa dibuktikan ketika kita menonton anime jepang, biasanya tokoh utama itu orang payah, tapi karena terus latihan dia akhirnya jadi orang nomer 1. begitulah. percaya?

3. Buat Pengaturan Materi Anda
Tips Mengurangi Kecemasan

Aturlah alur presentasi kita sehingga kita bisa fokus pada materi dan jalannya presentasi menjadi rapi. Keyakinan akan terbentuk lebih baik jika kita sudah membuat pengaturan materi dan presentasi.

4. Tarik Nafas

Lakukanlah tiga kali tarik nafas sebelum anda maju atau menaiki mimbar. Tarik nafas akan menurunkan detak jantung anda, sehingga jantung tidak terlalu berdebar-debar. Tarik nafas akan membuat paru-paru kalian penuh dengan oxygen, oxygen akan di bawa rata keseluruh tubuh, dan terutama kepada otak. otak yang memiliki suplai oxygen yang cukup, akan meningkatkan konsentrasi dan ketenangan jiwa raga kita.

5. Pemanasan Kecil

Sepertinya pemanasan kecil bermanfaat. Lakukanlah peregangan otot sederhana atau atau meregangkan jari-jemari kita hingga berbunyi, seperti di film-film ketika mereka meregangkan jari-jemarinya hingga berbunyi maka siap untuk beraksi.Ingat, cuma pemanasan kecil. bukan joging dulu muterin kampus.

6. Bergerak

Saat anda sudah berada di atas mimbar mungkin anda membutuhkan perpindahan posisi berdiri anda. Bergeraklah, Ini akan mengurangi tingakat ketegangan anda. Tapi saran saya jika posisi tidak memungkinkan untuk berpindah, mungkin karena mic yang pendek atau dalam posisi duduk, maka ubahlah sedikit posisi duduk anda jangan terlalu kaku.

7. Relaks

Relakslah, jangan terlalu merasa tertekan. Katakan pada diri anda secara bertahap, “Saya rileks”.
'Gue Rileks" "Beta Rileks" "Ane Rileks" "Aku Rileks"... gunakan bahasa daerah masing-masing.


oke mungkin cukup sekian tips agar bisa mengurangi kecemasan ketika kita akan presentasi, semoga bermanfaan. dan jangan lupa komentarnya. arigatooo
Share on Google Plus

About hakim punya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Post a Comment